Halaman

Translate

Cari

Tips Merawat Ban Mobil



Sebagai salah satu komponen penting pada kendaraan Anda, perawatan ban mobil mesti diperhatikan dengan seksama.
Pemilik kendaraan mesti cermat saat membaca kode ban dan mengetahui jenis tapaknya, agar bisa menyesuaikan cara perawatan yang tepat. Tak hanya itu. Tekanan, kondisi, serta umur ban, juga harus diperhatikan karena akan menjadi faktor penentu keselamatan Anda ketika mobil tengah dipacu.
Salah satu cara untuk menjaga ban tetap dalam kondisi prima adalah dengan merotasi penggunaan keempat ban pada mobil Anda. Rotasi perlu dilakukan secara rutin agar tingkat keausan ban, baik depan maupun belakang sama, sehingga usia penggunaannya bisa bertambah dan kestabilan mobil saat dikendarai terjaga.
Rotasi ban perlu untuk dilakukan terutama saat menghadapi pergantian musim dari panas ke hujan. Alasannya, roda depan butuh traksi lebih baik saat berbelok, sementara saat musim panas dua roda depan itu pasti cepat tergerus aspal.
Perlu diingat bahwa rotasi baru bisa dilakukan jika keempat ban yang digunakan memiliki ukuran yang sama. Mobil yang menggunakan ukuran ban depan yang berbeda dengan ban belakang, biasanya mobil-mobil jenis sport, tidak perlu melakukan rotasi karena malah akan berbahaya. Untuk mobil berpenggerak dua roda sebaiknya rotasi dilakukan setiap 10.000km sementara mobil berpenggerak empat roda (4WD) setiap 6.000km.
Rotasi empat roda
Ban dengan pola tapak (kembangan) symetric dapat dirotasi dengan pola 'X', di mana ban yang akan dipindahkan ke sumbu penggerak dipasangkan berlawanan dari posisi sebelumnya.
Untuk mobil berpenggerak roda depan, ban depan dipindah silang ke belakang (kiri depan ke kanan belakang dan sebaliknya) sementara ban belakang pindah ke depan sesuai posisi sebelumnya (belakang kanan ke depan kanan, belakang kiri ke depan kiri).
Sedangkan pada mobil berpenggerak roda belakang lakukan kebalikannya, roda belakang dipindah silang ke depan, roda depan pindah ke belakang sesuai posisi sebelumnya.
Sementara untuk yang menggunakan ban dengan kembangan "directional" biasanya pada ban terdapat tanda panah arah putaran ban dan tulisan "rotation" posisi ban harus tetap berada di tempat yang sama. Artinya kanan depan ditukar dengan kanan belakang, kiri depan ditukar dengan kiri belakang.
Untuk mobil 4WD, lakukan rotasi silang --kiri depan ke kanan belakang, kiri belakang ke kanan depan, dan sebaliknya.
Rotasi lima roda
Metode ini, melibatkan ban serep dan hanya bisa dilakukan pada ban dengan pola tapak symetric. Cara merotasi lima ban ini relatif mirip dengan cara rotasi silang. Ban serep dipasang pada posisi depan kanan, selanjutnya ban depan kanan pindah posisi ke kanan belakang. Ban belakang kanan dipindah menyilang ke kiri depan dan kiri depan pindah ke belakang kiri. Dan akhirnya ban belakang kiri yang menjadi ban serep.
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar