Halaman

Translate

Cari

TIPS MENYALIP DENGAN AMAN

Tak jarang saat mengemudi kita harus menyalip kendaraan di depan kita. Menyalip, mendahului atau memotong laju kendaraan saat kita berkendara di jalan raya itu bukan sekedar menambah kecepatan dan mengambil jalur yang kosong saja. Ada serangkaian langkah yang harus kita perhatikan. Hal ini tentu saja demi keamanan dan keselamatan kita dan pengguna jalan lainnya.

Nah, berikut cara memotong kendaraan yang ada di depan kita dengan cara yang aman:
1. Perhatikan lajur yang ada di sebelah kanan, khususnya ketika kita berada di jalanan dua arah / tanpa pembatas. Pastikan lajur dalam kondisi yang kosong dan sangat aman.
2. Selanjutnya, lihat mobil atau kendaraan yang ada di hadapan kita. Apabila mobil di depan kita menyalakan lampu sein kanan, lebih baik tunda dahulu keinginan untuk mendahului. Lampu tersebut bisa berarti si pengemudi akan berbelok ke kanan, atau juga ada kendaraan lain di depan yang dapat membahayakan jika kita mengambil jalur kanan.
3. Lihat kaca spion untuk melihat kondisi mobil di belakang kita, khususnya di jalur spion kanan. Jika terlihat ada kendaraan yang melaju ingin mendahului kita, maka tunggulah sampai kendaraan tersebut melewati kita dan jalur kanan kembali kosong.
4. Saat akan menyalip mobil di depan kita, pilihlah kondisi jalan atau medan yang memadai. Sangat tidak disarankan untuk menyalip di jalur menanjak, apalagi ketika mobil memasuki tikungan.
5. Ketika akan mulai mendahului, jangan lupa nyalakan lampu sein kanan. Lalu, dianjurkan agar menurunkan gigi 1 posisi lebih rendah. Tujuannya adalah agar torsi maksimum mesin lebih mudah dicapai dan akselerasi mobil menjadi lebih cepat.
6. Saat dalam posisi mendahului, hindari kebiasaan yang dapat mengganggu konsentrasi kita serta pengemudi kendaraan yang anda dahului. Contohnya adalah tidak membunyikan klakson secara berlebihan dan tidak menggunakan lampu jauh yang terlalu intens. Cukup satu ada dua kali saja sebagai tanda keberadaan kita.
7. Berhati-hati pula terhadap kendaraan yang mungkin akan mengikuti di belakang mobil kita. Jangan melakukan gerakan tiba-tiba yang dapat membahayakan kita ataupun pengemudi lain, seperti mengurangi kecepatan secara mendadak.
8. Satu hal yang terpenting, sangat tidak dianjurkan untuk memotong kendaraan dari sebelah kiri.
Demikianlah langkah-langkah memotong kendaraan dengan benar. Selain itu, tentu wajib kita pastikan mobil dalam kondisi yang baik untuk melakukan manuver tersebut. Antara lain, tekanan angin ban yang sesuai, rem serta respon tenaga mesin yang cukup.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar