Halaman

Translate

Cari

AMAN BERKENDARA MOBIL MATIK BAGI PEMULA



Tak sedikit pengendara mobil beralih dari mobil bertransmisi manual ke transmisi matik. Mobil bermesin matik memiliki kenyamanan tersendiri bagi pengendaranya. Selain mudah pengoperasiannya, mobil matik juga sangat pas dikendarai di kota-kota yang lalu lintasnya terbilang padat. Berikut ini adalah tips mengendarai dan menyetir mobil matik untuk pemula.

1. Perhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, Hafalkan sampai benar-benar menguasai. Perhatikan juga pada layar speedometer posisi tuas yang sedang kita aktifkan akan nampak di sana. Hal ini untuk menghindari kesalahan saat mengganti tuas transmisi. Setelah hafal dan penggantian tuas transmisi sudah menjadi kebiasaan, maka tidak akan ada lagi kasus salah memasukkan posisi tuas transmisi.
2. Bebaskan kaki kiri dari pedal kopling. Mobil matik memiliki dua pedal yakni pedal gas dan pedal rem. Hal ini agar kaki kiri terbiasa bebas menginjak pedal, yang bertujuan untuk menghidari resiko terjadi kesalahan menginjak rem saat RPM mobil Anda dalam keadaan naik.
3. Biasakan menginjak rem setiap kali akan mengganti transmisi, agar saat Anda sedang mengganti transmisi, mobil tidak akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini merupakan masalah yang sering terjadi pada pengendara mobil matik.
4. Perhatikan jalan yang akan Anda lewati, jika wilayah penuh dengan tanjakan atau keadaan jalan yang naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L. Pada keadaan posisi tersebut, transmisi hanya bisa berpindah antara gigi satu sampai dua saja. Saat jalan menurun posisi ini juga berguna sebagai engine brake, sehingga mesin bekerja dengan benar.
5. Pahami fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D. Ketika tombol diaktifkan, maka fitur tersebut secara otomatis mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Fitur ini juga berfungsi sebagai penghemat BBM, terutama pada jalanan yang sering didera kemacetan.
6. Jika mesin sangat panas terutama saat mengemudi jarak jauh, sebaiknya berhenti sebentar untuk menstabilkan mesin dalam keadaan dingin.
7. Lakukan pengecekan mesin sesuai petunjuk yang disarankan, terutama sehabis berkendara jarak jauh ke luar kota.
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar