Halaman

Translate

Cari

MENGATASI KACA MOBIL BURAM SAAT HUJAN



Saat hujan mengguyur, kaca mobil dapat menjadi buram. Kondisi ini dapat mengganggu pengendara karena pandangan menjadi kabur atau tidak jelas. Tentu saja ini membahayakan keselamatan pengendara.

Mengapa kaca mobil menjadi buram? Saat berkendara dalam keadaan hujan, biasanya kita langsung menutup semua kaca mobil dengan rapat. Karena kabin terutup rapat, suhu udara dalam kabin mobil akan perlahan naik. Saat suhu naik, udara (oksigen) akan menjadi lebih lembab. Sementara karena hujan, suhu udara di luar mobil akan semakin dingin. Setelah beberapa saat, suhu badan mobil termasuk kaca mobil akan sama dengan suhu luar (dingin).
Mengelap embun yang ada di kaca mobil tentu bukan cara terbaik, apalagi bila itu dilakukan sambil mengemudi. Cara terbaik untuk menghindari kaca mobil berembun adalah dengan menyalakan AC dan mengatur suhunya agar bisa sama dengan udara di luar. Menyalakan AC mobil akan membuat udara di dalam mobil bisa teratur dan tidak menyebabkan kaca mobil berembun.
Selain dengan menyalakan AC, cara mencegah kaca mobil berembun juga bisa dilakukan dengan menekan tombol reciculation yang ada di pendingin udara mobil. Biasanya, tombol tersebut memiliki fungsi untuk mengatur udara. Sehingga, udara dari luar mobil yang masuk ke dalam mobil yang dikendarai bisa terkendali.
Jika mobil Anda memilki fitur kipas mobil, maka ada baiknya anda menyalakan juga fitur tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Juga yang tidak kalah penting untuk mengatasi masalah kaca mobil yang berembun adalh memastikan bahwa karet kaca mobil dalam keadaan baik.
Perikslah secara rutin dengan teliti apakah karet kaca mobil Anda ada yang mengalami aus atau tidak. Karena jika ada yang aus, itu akan menyebabkan air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam kabin mobil.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar