Halaman

Translate

Cari

LAMPU MOBIL KEKUNINGAN ATAU BURAM? BEGINI MEMBERSIHKANNYA



Seiring bertambahnya usia mobil, sering dijumpai lampu depan (headlamp) mobil menjadi kuning ataupun kaca lampu mobil terlihat kusam dan kotor. Akibatnya nyala lampu menjadi tidak terang ataupun redup. Sebagai komponen vital kendaraan terutama untuk berkendara di malam hari, tentu saja hal ini bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Nah, kaca lampu mobil yang menjadi kuning atau buram sebenarnya dapat dibersihkan sendiri di rumah asal tau caranya. Berikut empat langkah cara membersihkannya.
1. Untuk mengetahui penyebab lampu depan berwarna kekuningan, bersihkan lampu mobil Anda dengan cara mencucinya terlebih dahulu. Gunakan air hangat dan shampo atau sabun cuci khusus mobil untuk mencuci lampu mobil. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering dengan menggunakan kain lap bertekstur lembut atau kain mikrofiber.
2. Setelah dibersihkan, amplas lampu mobil dengan amplas nomor 1500 dan 2000. Bersihkan kembali lampu mobil dengan air dan alkohol lalu bilas bersih. Setelah itu basahi amplas, dan mulailah mengamplas dengan menggunakan amplas bertekstur lebih kasar terlebih dahulu. Setelah itu, bergantilah dengan menggunakan amplas yang lebih halus. Lakukan hingga kaca terlihat cukup bersih. Untuk menghidari permukaan cat bodi mobil tergores amplas, tutupi daerah sekitar lampu dengan kain. Atau lepas plastik lampu mobil untuk dibersihkan.
3. Bersihkan dengan kompon maupun pasta gigi. Oleskan secara merata salah satu dari bahan tersebut pada lampu mobil yang menguning dan buram. Pastikan Anda mengoleskannya dengan rata, boleh menggunakan tangan, khususnya pada bagian lampu yang terlihat kuning, buram, dan kusam. Setelah itu, gunakan kanebo ataupun kain mikrofiber untuk membersihkan lampu baik dari kompon maupun dari pasta gigi. Setelah dilap, Anda dapat membilasnya dengan air bersih lalu keringkan hingga benar-benar kering.
4. Setelah tahap ketiga sudah dilakukan, kini saatnya periksa kondisi kaca lampu depan mobil Anda. Perhatikan baik-baik, pastikan semua kotoran dan noda kuning sudah bersih dari kaca mobil. Anda juga dapat mengeceknya dengan cara menyalakan lampu depan mobil dan mengatur arah sorotannya, misal ke dinding garasi ataupun ke permukaan datar lainnya. Jika masih kurang puas, ulangi langkah tahap ke 3 hingga 2-3 kali.
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar