Halaman

Translate

Cari

INILAH PENYEBAB MESIN MATI SAAT MENEROBOS PALANG REL KERETA



Mengapa banyak sekali mobil yang mendadak tiba-tiba mengalami mesin mati dan sulit di starter pada saat melintas di atas perlintasan rel Kereta Api, saat ada kereta api yang mau lewat?
Nah, begini penjelasannya.

Salah satu komponen kereta api bernama boggie. Boggie adalah salah satu komponen lokomotif, yakni roda kereta dimana komponen utamanya adalah dinamo. Dalam dinamo ada unsur magnet yang berukuran besar. Jika Lokomotif berseri CC menunujukkan ada 3 rangkaian boggie, artinya ada 6 buah dinamo berukuran besar.
Boggie yang punya ukuran badan besar inilah yang dapat menghantarkan medan magnet sejauh satu kilometer (km) dari posisi lokomotif itu berada. Pada saat ada kendaraan bermotor, khususnya mobil yang sedang melintasi rel kereta api, biasanya selalu dengan kecepatan yang rendah. Apabila pengendara ini tidak atau kelupaan untuk memindahkan gigi mesin mobilnya dengan yang lebih rendah, maka secara otomatis putaran mesin dinamo kendaraan bermotor (khususnya mobil) dan koil yang ada dapat menyebabkan mesin kendaraan seketika mati. Matinya mesin kendaraan ini diakibatkan oleh faktor medan magnet dari boggie kereta api yang dihantarkan melalui rel kereta api.
Oleh karena itu, petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum kereta api mendekati perlintasan (kurang lebih berjarak 3 km). Ini pula yang menyebabkan kereta api serasa tak kunjung-kunjung lewat, apalagi jalannya yang melambat.
Bila ada pengemudi tetap nekat menerobos / melintasi palang rel kereta api yang sudah ditutup sedang jarak kereta api kurang dari 1 kilometer. Pastinya ini sangat berbahaya. Hati-hatilah dan siap-siap keluar mobil jika sewaktu-waktu mesin mati, karena hal ini akan mengakibatkan mesin pada dinamo dan koil mobil yang sudah melemah akibat terkena hantaran medan magnet dari boggie lokomotif dapat menjadikan mesin mati. Bila terjadi mati mesin pada mobil Anda segeralah keluar dari mobil, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali.
Oleh karenanya, jangan pernah melintasi rel kereta api apabila sudah terlihat kereta api walaupun masih berjarak 1 km dari perlintasan dengan menggunakan kendaraan khususnya mobil. Apalagi jika palang perlintasan sudah ditutup. Sabar menunggu hingga kereta api lewat dan palang dibuka dahulu. Ingat bahwa kereta api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi. Rata-rata kereta api akan berhenti dengan jarak sejauh 800 meter setelah di rem.
Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

  1. Every 15 minutes, a winner is randomly selected from the entries. The winner earns extra chips and is featured in the spotlight on the high of the machine the place different gamers may send them Likes. Stop the reels extra 바카라사이트 shortly than regular bytapping the Spin button whereas the reels are nonetheless spinning. Bitstarz provides devoted on-site and social media help, allowing gamers to get in touch by way of IG, Twitter, Facebook, 24/7 stay chat, and email!

    BalasHapus